Senin, 17 Oktober 2016

Cara menanam buah delima

Menyiapkan Bibit Buah Delima

Cara mengembangbiakan Buah Delima dapat dilakukan melalui Biji buah delima, Cangkok atau stek batang, dan tunas. Untuk menghasilkan pohon buah delima yang cepat berbuah, maka sebaiknya gunakan cara cangkok batang. Lakukan cara mencangkok yang benar seperti cara mencangkok pohon srikaya atau pohon buah lainnya. Jika anda tidak ingin repot, anda dapat membeli bibit pohon buah delima cangkokan di kios-kios penjual bibit tanaman di dekat tempat tinggal anda.

Untuk menyiapkan bibit tanaman buah delima dari biji, maka perlu menyiapkan media semai terlebih dahulu. Lakukan penyemaian seperti cara melakukan penanaman buah tin. Setelah itu lakukan beberapa langkah berikut:
Pilih buah delima yang sudah sangat tua, belah dan ambil bijinya.
Jemur biji buah delima selama 1 hari di terik matahari, angkat dan letakkan di tempat teduh.
Biarkan selama 1 malam sebelum dilakukan penyemaian.
Sebelum disemai, rendam terlebih dahulu biji buah delima dengan air hangat selama 4 jam (jangan kepanasan).
Setelah itu tiriskan, setelah airnya tidak menetes kembali, lakukan penyemaian di lahan semai yang telah disiapkan.
Lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari, sampai bibit buah delima tumbuh dan siap dipindah ke lahan tanam permanen

Menyiapkan Lahan Tanam

Buah delima sangat menyukai lahan tanam yang gembur dan subur serta tidak tergenang air. Jika anda ingin membudidayakan pohon Buah delima di kebun atau lahan perkarangan rumah anda, maka perlu mempersiapkan lokasi tanam yang tidak tergenang air dan memiliki tekstur tanah yang gembur.

Gali lubang dengan ukuran 50cm x 50 cm dengan kedalaman 50cm, isi lubang dengan pupuk kandang sampai 2/3 bagian terisi. Jika anda ingin menanam Buah delima lebihd ari 1 batang, maka buatlah lubang dengan ukuran yang sama pada jarak 5 meter dari lubang sebelumnya, isi juga dengan pupuk kandang. Diamkan lubang selama 3 minggu sebelum ditanami sambil menunggu bibit siap dipindahkan.

Jika buah delima akan dibudidayakan di dalam pot sebagai tanaman buah dalam pot (tabulampot) maka siapkan pot dengan ukuran besar, isi pot dengan campuran tanah gembur dengan pupuk kandang.

Menanam Bibit Buah Delima

Setelah bibit hasil semaian siap dipindahkan (tinggi bibit sekitar 20cm), maka lakukan pemindahan bibit dengan mencabutnya. Pencabutan harus dilakukan dengan mengikutsertakan tanah semaiannya.Cabut dengan menggunakan bantuan pisau untuk menggali tanahnya agar tidak pecah.

Setelah itu, tanamlah bibit ke lubang tanam atau pot yang telah disediakan, lakukan penyiraman setelah penanaman selesai dilakukan.

Merawat Tanaman Buah Delima

Perawatan pohon buah delima agar menghasilkan pohon yang subur dan cepat berbuah dapat dilakuakan dengan memangkas cabang-cabang yang terlalu banyak agar nutrisi makanan yang diserap digunakan untuk berbunga.

Lakukan pemupukan ulang pada saat umur tanaman buah delima sekitar 6bulan setelah penanaman, lakukan penyiraman secara rutin terutama pada musim kemarau.

Memanen Buah Delima

Buah delima yang sudah matang akan menguning pada pangkal buahnya, pemanenan dapat dilakukan dengan menggunting atau memotong tangkai buahnya. Buah delima dapat dinikmati dalam kondisi segar atau dijadikan sebagai minuman.

Cara menanam buah delima


Sumber : bijibersemi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar